Blog berisi curhatan si lajang

Selasa, 01 Oktober 2024

Pertimbangan yang Diperlukan Untuk Memilih Aplikasi Kasir Bagi Usaha

Mengelola usaha sekarang ini bisa memanfaatkan perkembangan jaman untuk membuat pengelolaan menjadi lebih mudah. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah menggunakan aplikasi kasir yang bisa digunakan untuk mengelola keuangan yang dipunyai bisnis. Saat akan memilih aplikasi kasir bisa menggunakan banyak pertimbangan agar membantu mendapatkan manfaat yang terbaik, yaitu berikut ini:

 

Pilih Gratis atau Berbayar Sesuai Kebutuhan

Langkah pertama untuk memilih aplikasi kasir bagi bisnis adalah yang sesuai dengan budget yang dipunyai oleh bisnis. Ada aplikasi kasir yang bisa didapatkan secara gratis dan juga berbayar yang mempunyai keunggulan yang berbeda-beda. Untuk aplikasi kasir yang gratis mempunyai keunggulan dapat untuk membuat pengeluaran keuangan menjadi lebih hemat. Bagi bisnis yang kecil dan ingin lebih hemat, maka bisa memilih aplikasi kasir yang tersedia secara gratis.

 

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mengunduh dan menggunakan aplikasi untuk mengelola keuangan bisnis. Pilihan lainnya adalah aplikasi kasir yang bisa didapatkan dengan berbayar yang mempunyai keunggulan yang bisa didapatkan. Biasanya aplikasi berbayar mempunyai konten eksklusif yang bisa didapatkan, sehingga membuat Anda bisa mendapatkan keuntungan dengan fitur yang lengkap dari konten yang berbayar.

 


Pilih Sesuai Kebutuhan Usaha

Memilih aplikasi kasir yang gratis maupun berbayar bisa disesuaikan dengan kebutuhan usaha yang dipunyai. Apabila usaha kecil seperti UMKM yang mempunyai modal yang tidak cukup besar dan juga kebutuhan pengelolaan keuangan yang tidak terlalu banyak, maka bisa memilih aplikasi keuangan yang mempunyai fitur yang dasar saja.

Aplikasi kasir gratis memberikan fitur yang bisa membantu untuk mengelola keuangan bisnis menjadi lebih mudah, sehingga tidak masalah untuk menggunakan aplikasi kasir yang gratis. Akan tetapi apabila usaha Anda merupakan bisnis yang besar dengan banyak keperluan untuk dikelola dengan baik, maka bisa menikmati konten dan fitur yang eksklusif bisa didapatkan dari aplikasi kasir berbayar yang Anda pilih.

 

Pilih yang Kompatibel Dengan Gadget

Manfaat selanjutnya yang bisa didapatkan adalah dapat untuk memilih aplikasi kasir yang kompatibel dengan gadget yang digunakan dalam usaha Anda. Aplikasi kasir bisa diunduh dengan gadget yang bisa digunakan untuk android saja, tetapi ada yang juga bisa digunakan dengan gadget berbasis Windows ataupun iOS. Sehingga pilih gadget yang bisa didapatkan di playstore atau app store yang disesuaikan dengan gadget yang digunakan untuk kasir bisnis yang Anda punyai. Jangan sampai salah memilih aplikasi yang tidak kompatibel dengan gadget karena beberapa aplikasi hanya bisa digunakan di android saja dan tidak kompatibel untuk gadget lainnya.

 

Pilih Transaksi Secara Offline dan Online

Hal selanjutnya yang perlu untuk diperhatikan ketika memilih aplikasi kasir adalah yang bisa digunakan tidak hanya secara online saja teapi juga offline. Apabila sistem yang menggunakan sistem online tentunya mempunyai keunggulan dapat memasukkan data dan transaksi menjadi lebih mudah.

Aplikasi kasir online juga akan langsung untuk meneruskan transaksi yang dipunyai ke pencatatan keuangan lainnya yang memudahkan untuk membuat laporan keuangan bisnis. Anda juga bisa memilih aplikasi yang tetap bisa digunakan ketika tidak terhubung dengan internet, utamanya yang ada di daerah kurang signal dan mencegah tidak bisa digunakan ketika listrik sedang mati.

 

Pilih yang Mempunyai Back Up Data Aman

Hal terakhir yang bisa digunakan ketika ingin memilih aplikasi kasir adalah yang bisa memberikan back up data. Data tersebut akan berisi mengenai catatan keuangan yang dipunyai bisnis dalam beberapa lama yang bisa digunakan untuk melihat transaksi sebelumnya. Anda bisa memilih aplikasi yang memberikan back up data yang aman seperti di cloud dan juga jaringan lainnya, sehingga mempunyai data yang ter-backup dengan baik.

 

Bagi bisnis yang ingin memilih aplikasi kasir juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang dipunyai seperti yang dijelaskan di atas. Pilih aplikasi yang tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk penerimaan pembayaran saja tetapi juga banyak fitur lainnya seperti yang ditawarkan aplikasi Merchant BCA.

14 komentar:

  1. menambah pengetahuan tentang aplikasi kasir
    saya taunya bri itu stroberi kasir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, semoga informasi ini juga bisa memberi manfaat ya, siapa tau mau buka usaha nih

      Hapus
  2. Wahh keren sekarang BCA ada aplikasi kasir nya juga yaa...pasti jadi lebih mempermudah pencatatan juga keuangan masuk dan keluar..
    Aku dl juga semapt mb donlod aplikasi kasir yg gratisan secara saat itu juga usahanya baru kecil2an..lumayan membantu sie menurutku jd bisa lgsg cetak nota gt praktis

    BalasHapus
  3. Aplikasi yang memberikan fitur back up data itu penting sekali. BCA memang selalu memberikan terbaik disetiap fiturnya, terlebih untuk aplikasi kasir. Bravo BCA.

    BalasHapus
  4. Aku dulu pernah pake aplikasi yang lumayan mahal.. ampe 3 jutaan lisensinya per tahun. Etapi pas dipake, malah kurang memuaskan karena berat dan suka ada bug-nya. Alhasil yaudah, sekarang malah pindah ke aplikasi kasir yang lebih murah dan ringan. Setahun cuma ratusan ribu doang, hihihi

    Btw aku baru tau juga tapiii ya kalo BCA ternyata ada bikin aplikasi kasir juga.
    Nanti aku coba pelajarin ah

    BalasHapus
  5. Seneng banget pastinya kalau aplikasi kasir sekarang ada yang made in BCA. Secara perbanka yang satu ini jempolan banget dari sisi pelayanannya.

    Next misal ku buka usaha lagi, boleh juga nih ku coba pakai aplikasi kasir BCA.

    BalasHapus
  6. BCA Sekarang keren ya... Apalagi yang punya rekening BCA juga banyak. Wong temen kerjaku aja meskipun Payroll pakai Bank Plat Merah. Masing-masing dari kita pada punya rekening BCA. I dont know why. Tapi aku sendiri juga buat mbaaa.. heheh

    BalasHapus
  7. Wah BCA ada aplikasi kasir juga. sangat memudahkan bagi pengusaha terutama yg masih level UMKM. Tapi sistem BCA emang bagus sih, terintegrasi dan dijamin aman.

    BalasHapus
  8. Wahhh adalagi nih aplikasi baru yg mempermudah jual beli. Kayanya skrg pengusaha kecil pun uda berasa outlet kekinian karena punya aplikasi kasir yg up2date gini ya. Kalo aku nanti bikin usaha aku jg pengen punya

    BalasHapus
  9. ternyata aplikasi merchant BCA bisa membantu dalam hal perkasiran ya
    sekarang kalau aku liat tempat makan yang ga begitu besar, tapi dia menyediakan nota dari aplikasi kasir, aku merasa "woww keren juga ya", karena aku berharap suatu saat bisa menggunakan aplikasi kasir juga

    BalasHapus
  10. Kalo aplikasi kasir begini, providernya doang BCA, tp pembayaran bisa dari rek bank manapun kan mba?

    Selama ini tahunya mesin EDC BCA. Ternyata sekarang ada aplikasi kasirnya yaa

    BalasHapus
  11. Iya, teknologi memudahkan kita banget ya, dulu harus punya mesin kasir yang besar dan mahal itu sekarang cukup pakai aplikasi semua transaksi tercatat dengan baik

    BalasHapus
  12. aplikasi kasir ini penting banget untuk para pelaku usaha termasuk UMKM pemula agar semua laporan usahanya terkontrol dengan baik sehingga memudahkan dalam mengambil keputusan-keputusan

    BalasHapus
  13. Aku jadi sering merhatiin aplikasi kasir skarang kalo ke tempat belanja.
    Karena sepertinya menarik yaa.. sejak zaman digital, ada banyak kemudahan, baik untuk customer atau untuk sang pemilik usaha. Termasuk ini yang paling keren nih.. merchant BCA.

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.