Blog berisi curhatan si lajang

Kamis, 05 September 2024

WISATA BALIGE DAN PARAPAT

Pemandangan di sekitar Tarutung

Ketika menemani mama saya ke Tarutung, bisa dibilang saya tidak pergi ke area yang touristy di sana. Sudah lama mama saya tidak bersua dengan kerabatnya di Sumatera Utara dan puji Tuhan kami masih diberikan kesempatan berangkat bareng.

Jadi, menjelang balik ke Medan, kami sewa mobil dan jalan-jalan sedikit...


Bandara Silangit

BANDARA SILANGIT

Saya sudah muat sedikit di postingan sebelumnya, bandara ini pas banget bagi kalian yang ingin langsung jalan-jalan ke danau Toba atau lanjut ke Tarutung tanpa harus lewat Medan. Karena perjalanan di sini hanya bisa dengan kendaraan, antara kalian naik shuttle atau naik bus untuk lanjut ke area berikutnya. Makan waktu sekitar 8 jam perjalanan dengan mobil menuju Tarutung dari Medan. 

Walau kecil, tapi lapangan parkirnya luas, ada tempat makan, ada ATM, restroom untuk pengguna kursi roda pun ada dan sering dibersihkan. 

Di sini ada restoran sekalian tempat pengunjung melihat pesawat yang lepas landas atau yang baru saja tiba. Penumpang naik turun tangga pesawat dan berjalan kaki menuju area bandara. Mungkin kalau ada yang pesan kursi roda, akan disediakan juga ya? Pastinya di sini tidak ada aero bridge.


Danau Toba

Danau Toba (PINGGIRNYA)

Iyalah, kalau mau ke pulau Samosir dengan membawa dua manula tanpa perancanaan matang itu namanya nekat. Mana hujan pula, dan suasana tenang di danau Toba memberikan suasana yang bagaimanaaaa gitu... Melihat danau yang besarnya seperti ini, dan langsung merasa diri ini kecil banget di sini.

Hanya bisa berharap suatu hari nanti bisa kembali lagi dan melihat patung Yesus Kristus.


Pelabuhan feri Ajibata

Pelabuhan feri Ajibata

Bagi yang mau menyeberang ke pulau Samosir dengan kapal feri maka di sinilah pelabuhannya. 


Saur Coffee

Saur Coffee

Tempat ini menarik perhatian karena wah, saya mengira hanya ada warung-warung atau restoran dan hotel yang ada di sepanjang jalan yang menghadap ke danau. Eh, ada nyempil bangunan kedai kopi ini, ya kayaknya sayang banget kalau tidak mampir. 

Cerita lengkapnya sudah ada di postingan sebelumnya


Pantai Lumban Binanga


PENGINAPAN AMBARADO & LUMBAN BINANGA

TIdak hanya ada danau Toba, tapi ada beberapa pantai yang mengitari danau dan salah satunya adalah pantai LUMBAN BINANGA. 

Karena saya datang tepat sehari setelah Paskah, pantai ini super sepi banget dan penginapan Ambarado yang ada di situ pun juga seperti tidak ada pengunjungnya. Ada beberapa pengunjung tapi tidak terlalu banyak sehingga lengang banget kesannya.


Penginapan Ambarado

Seperti biasa, namanya wisata alam, agak susah mencari kamar mandi bersih, boro-boro buat pengguna kursi roda. Padahal pantainya ini lumayan tenang dan suasananya juga syahdu. Sayang sekali kalau kekurangan fasilitas umum, walau susah juga ya, nanti siapa yang mau mengurus?


Pantai Lumban Bulbul

PANTAI LUMBAN BULBUL

TIdak seperti pantai Lumban Binanga, di sini masih jauh lebih ramai dengan pengunjung. Ada penyewaan perahu, dan terdapat banyak tempat jajan. Saya tidak mencari tahu sih di sini ada kamar mandi atau tidak, karena hanya mampir sebentar saja.

Tapi dari kunjungan yang hanya sebentar itu, tidak perlu khawatir kalau gagal ke Danau Toba. Di sekitarannya ada banyak pantai yang bagus, tapi memang untuk menuju ke sini kita harus sewa mobil. 


 


Bandrek Otik Tabo

Ternyata mampir-mampir ke beberapa tempat saja sudah memakan waktu banget dan ketika balik ke Tarutung, sudah mau malam. Akhirnya untuk pelipur lara, ya mampir saja ke kedai yang satu ini dan beli....tidak bukan bandrek tapi pisang dan singkong goreng. 

Saingannya lumayan karena saat kami di sana masih bulan puasa, dan tempat ini sudah ditongkrongin sama pengunjung yang mau buka puasa dengan gorengan. 

Suasana tahun 80-an berasa banget di sini, jadi serasa balik ke masa lampau saja.



Kesimpulannya, seharian tidak cukup untuk melihat-lihat tempat wisata di sekitaran Danau Toba hingga Tarutung. Ada wisata alam yang tentunya terpaksa saya sekip sekip saja, tapi mungkin suatu hari nanti teman-teman bisa mengunjungi Taman Eden 100 yang sepertinya menarik.

16 komentar:

  1. Baru tahu ternyata di sekitar danau Toba ada pantai2 dan penginapannya juga menarik, sepertinya benar2 memang perlu kembali lagi.

    BalasHapus
  2. Penginapan Ambarado cantik sekalii. Wah kalau ke sana emang butuh lebih dari sehari ya biar bisa puas eksplor ke Danau Toba dan pantai juga. Sayang fasilitas umum di pantai kurang memadai, semoga next ada perbaikan.

    BalasHapus
  3. Pantai Indonesia memang luar biasa ya mbak. Alhamdulillah, sekarang malah dari sisi UMKM kita juga mulai banyak berkembang. Jadi selain pariwisata, banyak juga spot nongkrong nan nyaman untuk kita bersua dan menikmati tiap detik waktu.

    Ya Allah, wishlist ah pengen ke Danau Toba tahun depaaaaan

    BalasHapus
  4. Sejak punya teman dekat a.k.a sahabat dari Medan di tahun 2012. Aku sudah ingin sekali mengunjungi danau toba. Cuma kok belum kesampaian. Ternyata, di sekitaran ada banyak sekali wisata alamnya ya. Kudu direncanain segera nih. Siapa tahu bisa sekalian meetup sama sahabat yang sudah lama tidak bersua.

    BalasHapus
  5. wishlist ke Danau Toba, kalau ambil cuti 3 hari ga bakalan cukup buat explore semuanya.
    penasaran pengen melihat sekeliling pulau Samosir, sambil ngeteh cantik dipinggiran danau.

    BalasHapus
  6. Memang sangat menarik ya menikmati suasana di Danau Toba. Banyak titik yang bisa dikunjungi selain menikmati pemandangan dan keindahan wisata alamnya. Jadi ada alasan deh buat dateng dan berkunjung lagi menikmati keindahan Danau Toba dan sekitarnya

    BalasHapus
  7. Mbaaa, aku aja yg berkali2 ke sana, belum semua juga yg bisa dilihat 🤣🤣🤣. Saking gedenya.

    Tp samaaa mba. Kalo nanti ke danau Toba lagi, aku mau nginep beberapa malam, trus datang ke patung Yesus yg baru selesai..

    Selama ini targetku Itu mau ke Brazil, liat patung Yesus tertinggi sedunia. Eh tau2 yg nomor 1 jadinya di Indonesia , yg Brazil JD nomor 2 🤣🤣. Ya sudah, target berubah jadinya 😁

    BalasHapus
  8. Aku sebagai seorang yang cuman tau dengar Danau Toba doang, jadi tau kalau kesana tuh harus nyebrang juga ya. Sangkain tuh cuman di kota terus terletak di tengah kota gitu. hahaaha. Jadi makin penasaran mengunjungi Danau Toba dan melihat pantai yang mengelilingi. Kok ada gitu ya? Pokoknya kudu wajib masuk di list traveling.

    BalasHapus
  9. Kayaknya kalau mau jelajah sekitaran Danau Toba kita harus sediakan waktu 2-3 hari yang luang ya mba. Soalnya ada banyak banget tempat yang musti disambangi 😍.

    Penginapan Ambarado cakep banget 😍
    Mesti nginep disini nih kalau liburan kesana.

    BalasHapus
  10. Ternyata saat berkunjung ke danau toba, kita tidak hanya bisa menikmati danau toba saja ya
    Melainkan banyak juga spot spot wisata cantik dan menarik yang bisa dikunjungi ya

    BalasHapus
  11. Memang harus menyempatkan waktu kalau memang mau puas kelilingan di sekitar danau Toba karena sekarang banyak sekali destinasi wisata yang menarik di sana bukan hanya wisata alam tapi juga budaya dan juga kuliner. Sekarang enak ada bandara yang dekat dari Toba. Kalau dari Medan lumayan jauh huga

    BalasHapus
  12. Indahnya Indonesia ya termasuk Balige dan Prapat ini selalu menjadi perbincangan teman saya juga yang orang sana asli Kak, katanya bagus tempatnya untuk dikunjungi, sour cafe, makanannya, pantainya menggoda sekali untuk liburan

    BalasHapus
  13. Cantiik banget Wisata Balige dengan aneka fasilitasnya.
    Bener sih, kalau ada fasilitas menginap, ingin bermalam dan menikmati keindahannya lebih lama.
    Penginapan Ambarado dan Lumbinaga juga bikin betah sembari berinteraksi dengan masyarakat adat sekitar.

    BalasHapus
  14. Bagus banget penginapannya, betul nih nggak cukup sekali aja ke sini atau beberapa hari sekalian untuk bisa explore sekitar, mana ada kedai kopinya jadi bs menikmati ngopi sambil melihat alam sekitar :D

    BalasHapus
  15. Emang bener deh, klo travelling tuh rasanya kyak kurang lama harinya. Tau2 dah abis aja waktunya, padhal masih pengen explore tempat2 yg lain juga.
    Belum kesampaian nih mba main2 ke Danau Toba. Ternyata byk objek wisata lain yaa disekitar sana..
    Penginapan Ambarado jga unik bgt yaa.

    BalasHapus
  16. Wah, ternyata di sekitar danau Toba ada pantai yg indah. Memang tidak cukup waktunya kalau jalannya hanya seharian yah.
    Semoga suatu saat saya ada umur dan dikasi kesempatan berkunjung ke danau Toba dan sekalian keliling di pantai-pantai sekitarnya.

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.