Blog berisi curhatan si lajang

Kamis, 19 September 2024

PAK ANANG PAY AS YOU WISH PHOTOGRAPHER

Di Kota Lama Semarang


Saya termasuk yang suka foto-foto (terutama foto OOTD , hahaha) hingga sekarang. Saya kadang sebodo amat makanannya biasa aja yang penting tempatnya okay buat foto-foto. Tapi, kalau pergi sama orangtua ya beda cerita lagi. Bagaimana caranya agar kami bisa foto berdua, dan ok? Awalnya saya pikir, mesti bawa tripod nih supaya memudahkan foto-foto berdua. 


Jadi bulan Agustus lalu, saya dan mama jalan-jalan dan menginap di area turis Kota Lama Semarang. Ketika hari masih pagi, saya meminjam kursi roda hotel dan mengajak mama melihat-lihat sekitaran hotel. Namanya juga meminjam kursi roda ya, jangan dibawa pulang balik ke Jakarta atau terlalu jauh jalan-jalannya. Sekalian deh saya atur tripod, buat foto berdua yang bagus lah. Eh, ternyata tetap tidak mudah. 
Lalu saya dihampiri seorang bapak dan dia menawarkan jasa untuk memotret kami berdua. Saya berpikir, durasi perjalanan kami di sini tidak lama dan daripada saya menghabiskan waktu cari sudut sikut sana sini mana yang okay, kayaknya memang butuh pertolongan dari bapak ini. 

Saya surprise juga pas menanyakan berapa ongkosnya, dan si bapak bilang: SERELANYA or PAY AS YOU WISH. 



Kenalin nih: bapak Anang - koleksi foto pribadi bapak Anang

Bapak ini mengenalkan dirinya : bapak Anang; jasa foto Kota Lama Semarang. Pas saya ketemu dengan bapak Anang, pakaiannya ya baju merah ini. Jadi pasti gampang ketemu deh kalau kalian lagi berkunjung ke Kota Lama Semarang. 




Difotoin sama pak Anang

HASIL FOTO BAPAK ANANG

Nah, ini beberapa foto yang diambil sama bapak Anang; dengan menggunakan handphone saya. Keliatan kan perbedaannya? Bapak ini sudah tahu harus ambil foto dari sebelah mana yang bikin happy. 

difotoin sama pak Anang juga


Mama saya yang biasanya males foto-foto (keliatan dari ekspresi super datar nyaris di setiap foto) langsung senang pas melihat hasilnya. Walau ekspresi muka tetap begitu saja sih, katanya memang sudah cetakannya begitu. Eh, saya jadi out of topic. 

Pak Anang ini awalnya bekerja sebagai perawat taman di Taman Srigunting; yang dekat gereja blenduk alias GPIB IMMANUEL SEMARANG. Kebetulan kakak bapak Anang ini punya becak hias di tengah taman, dan kalau libur pak Anang menjaga becak tersebut. Lumayan buat tambah-tambah untuk keluarganya. Jadi ia mulai membantu turis-turis yang foto-foto di becak yang ada di taman tersebut. Tidak hanya itu, ia juga bercerita kalau jadi tour guide kecil-kecilan bagi para turis yang minta diantar. Sudah lima tahunan terakhir ini dia menawarkan jasa foto bagi para turis. 

Pak Anang dan rekan-rekannya bisa dibilang freelance, mereka tidak tergabung dalam komunitas resmi. Jumlah mereka semua ada 6 orang, tapi pak Anang biasanya menawarkan jasanya di pagi hari hingga jam 12 siang. Kenapa cuma sampai jam 12 siang? Karena menurut pak Anang, sinar matahari pagi lebih bagus untuk foto-foto. Lewat dari jam 12 siang, ya memang sih, selain panas, silau pula. Bisa dilihat dari beberapa foto kami, kami sudah kepanasan, padahal masih pagi. 



Salah satu spot foto rekomendasi pak Anang

SPOT FOTO DI KOTA LAMA SEMARANG
Kok foto-foto saya hanya sedikit? Iya, itu memang permintaan saya, karena berdua mama yang sudah kepanasan dan mengingat kursi rodanya itu pinjaman tanpa agunan loh. Kami tidak enak juga jalan terlalu jauh dari hotel, jadi secukupnya deh foto-fotonya. Ada banyak, tapi tidak sampai bikin jebol storage handphone.

Nah, karena pak Anang pernah jadi tour guide kecil-kecilan, spot fotonya bisa kok agak jauhan sedikit; bisa diobrolin dulu. Misalnya si bapak rekomendasi foto di mana yang okay di area Kota Lama atau mungkin kalian punya ide sendiri maunya di mana?



Lokasi pemotretan rekomendasi pak Anang

BENERAN PAY AS YOU WISH?
Nah, ini saya coba desak pak Anang buat bocorin, sebenarnya biayanya berapa sih? Walau ya, tetap aja kita ini kan suka hobi menawar kalau sudah ada pembukaan di harga berapa. Lalu kalau misalnya saya datang sama rombongan yang lebih banyak, apakah bapaknya bersedia? 

Tapi pak Anang bilang, dia tetap terima pembayaran serelanya ASALKAN lokasi foto-fotonya di sekitar area Kota Lama. Menurut pak Anang, kalau pengguna jasanya puas sama hasil fotonya pasti mereka tidak segan memberikan lebih. 



Kelenteng Sam Poo Kong
Foto ini adalah koleksi pribadi Ria di kelenteng Sam Poo Kong


Pak Anang siap mengantarkan kalian untuk foto-foto di luar area Kota Lama, asal diobrolin dulu ya sama si bapak mengenai tarifnya. Kalau kalian mau ke area Kelenteng Sam Poo Kong maka biayanya IDR 200.000,- 


Lokasi foto rekomen pak Anang

CONTOH LOKASI FOTO
Ada beberapa foto yang dikirimkan sama pak Anang ke saya, buat rekomendasi kalau suatu waktu saya ada rejeki berkunjung ke Kota Lama Semarang lagi dan menggunakan jasa beliau. Hanya saja, ada penampakan para pelanggannya ya, jadi saya gak enak hati juga. 

Karena pak Anang ini beredarnya di pagi hari, jadi jangan bangun kesiangan ya buat mencari beliau untuk menggunakan jasanya foto-foto. 


HARAPAN KE DEPAN
Pak Anang berharap Kota Lama ramai dikunjungi para turis dan tentunya jangan lupa menggunakan jasa fotonya pak Anang ya. 

Pak Anang bisa dihubungi di SINI



27 komentar:

  1. Wah keren ini, semoga pak Anang dan teman2nya selalu dilancarkan rejekinya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin, semoga tulisan pendek ini dapat membantu beliau dan teman2nya dalam bekerja.

      Hapus
  2. Kota lama emang keren buat foto2, saya masih simpen kolpri foto waktu saya di kota lama, masih nampak keren hingga skrg. Karena saya uda gak punya lagi kamera DSLR yg bagus, sepertinya memang enak kalo pake jasa pak anang saja nanti ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang tambah keren karena sudah jadi pusat wisata banget di sini. Kalau buat kenang2an pas jalan bareng keluarga atau teman2, memang lebih bagus pakai jasa photographer sih ya

      Hapus
  3. Pas banget kemarin ibu juga ke kota lama dan foto2 juga di rumah akar itu..sepertinya tempatnya cakep mba...
    Aku juga bbrp kali ke kota lama tapi blm yang benr2 ekplore cuma lewat sepintas dan waktu itu gak nemu rumah akar ini karena masih pebaikan gt...
    Pengen nanti ke kota lama dan foto2 sepuasnya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, cucok nih, bisa menggunakan jasa bapak Anang loh.

      Hapus
  4. Wahh Semarang, belum pernah ke sana tapi pernah makan nasi koyor. Enaaak.

    Hari gini ada jasa yg bayar seikhlasnya. Wah semoga lain kali bisa ke sana dan difoto oleh pak Anang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. AMIIIN, semoga bisa menggunakan jasa bapak Anang suatu hari nanti

      Hapus
  5. Ini berarti pak Anang ngikutin kita terus selama keliling kota Lama mbak? Lumayan juga jd ky booking fotografer ya. Thanks rekomendasinya mba, kpn² klo ke sana jd tau hubungi pak Anang klo perlu fotografer.

    Semoga sehat buat mamanya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepatnya sih saya yang ngikutin beliau karena dia yg mengarahkan di spot mana saja yang ok buat foto2. Silahkan loh, saya sudah lampirkan nomor WA pak Anang, jd bisa langsung menghubungi beliau kl berkunjung ke Kota Lama Semarang

      Hapus
  6. Jadi kangen Kota Lama... Aku dulu tinggal di Semarang ada kali 3 tahun lebih. Asli sesuka itu sama Kota Lama meskipun bener kata Pak Anang diatas jam 12 panas binggo .. hehehe. Kayanya udah nggak keitung deh udah berapa kali main kesana. Tempatnya emng ikonik banget...

    Sampokong jugaaa bagusss.... Lawang Sewu jugaaa.... Toppp Cerr.. Baca ini asli bikin kangen Semarang. Udah lama soalnya nggak kesana lagi...

    Pak Anang, semogaaaa dirimu selalu sehat, dan dimurahkan rezekinya yaaaa... Doa yang sama buat Mamanya Mba Ria dan Mba Ria juga tentunya. Semoga always sehat dan bahagia... Aminnnn

    BalasHapus
    Balasan
    1. AMIIIIN yang kenceng, semoga kita semua dilimpahi kesehatan ya, dan bisa jalan2 lagi di Kota Lama Semarang. Aku kepingin sih nginep di sana lagi, dan gak keberatan dengan area yang sangat touristy ini. Karena dpt penginapan nyaman dan ketemu org2 baik juga.

      Hapus
  7. Oh beliau beredar di pagi hari yaa, untuk ada informasinya itu, aku termasuk sering ke Semarang, semoga ada rejeki bisa bertemu pak Anang, pengen juga foto sama beliau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa langsung click link yg saya sediakan loh, jd bisa komunikasi langsung via WA sama bapak Anang.

      Hapus
  8. Dan hasilnya memang bagus2 👍👍👍. Sukaaa banget kalo ketemu orang kayak pak Anang begini. Ikhlas ngebantu, JD kita pun yg bayar juga ikhlas pas ngasih uangnya, dan rela walau ngasih lebih.

    Aku tuh Semarang ga terlalu tahu tempat2nya, Krn memang jarang eksplor kota ini. Walo pernah nginep, tp ga pernah lama, dan cuma Krn transit. Pengen banget memang pan kapan nginep lebih lama sekaligus visit tempat2 cakep di Semarang ❤️.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau menggunakan jasa pak Anang di luar Kota Lama bisa kok, aku udah cantumin nomor WA-nya. Krn bapak ini lebih banyak beredar di area Kota Lama yang touristy yang banyak pengunjung apalagi di akhir pekan.
      Berguna banget memang, buat kenang-kenangan kita selama di sana.

      Hapus
  9. Hasil jepretan pak Anang bagus-bagus mba 🤩 Beliau pandai ambil angle.

    Rasanya sangat worth it pake banget, gunakan jasa foto beliau. Untuk area Kota Lama Semarang yang estetik setiap sudutnya dan salut beliau tidak matok harga, semoga saja para turis bisa menghargai jasa dan usaha pak Anang dengan sangat layak ya 😇

    BalasHapus
  10. Wah hasil fotonya bagus-bagus mba, semoga Pak Anang dan teman-temannya selalu sehat ya. Bayarnya seikhlasnya tapi hasilnya cakep-cakep lebih cakep darijepretan saya haha, semoga saya bisa main ke Semarang lagi

    BalasHapus
  11. Sehat-sehat selalu ya Pak Anaang.. Sehat juga buat Mbak Asyanti.. (Loh, bukan Anang yang itu hahaha)

    Aku pun kadang, kalau ada jasa-jasa foto macam begini tuh masih suka pake mbak. Asalkan tarifnya masuk akal dan nggak nembak, (apalagi seikhlasnya kayak Pak Anang ini) aku sih lebih prefer minta tolong difotoin. Lebih seneng lagi dia jualnya sepaket sama hasil cetaknya. Beuh syuka sekaliii

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAhahahha, saya juga ampir ngomong gitu ke si bapak utk titip salam ke istri, Ashanti eh ternyata pak Anang yang beda. Kalau sekalian dicetakin sepertinya enggak ya, foto2pun pake handphone saya sih.

      Hapus
  12. Jasa foto seperti Pak Anang masih dibutuhkan karena tidak semua orang leluasa memoto atau tahu spot photo terbaik disana. Cuman kalau soal pay as your wish ini suka bingung. Jadi memang sebaiknya dibicarakan di awal dengan baik dan jelas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi inget tukang foto jaman dulu dengan kamera polaroid. Memang jadi bingung sih baiknya bayar berapa. Beliau baru pasang tarif kalau kita2 maunya foto di luar Kota Lama Semarang tuh.

      Hapus
  13. Jadi dealnya berapa kemarin mba? Kali nih aku yang ketemu pak Anang next. Kemarin udah ke Semarang tapi pas nyampe kota tua tuh ya emang malam, karena kami berkutat dengan yang lainnya di siang hari. Nanti coba deh di pagi hari, mudah-mudahan ketemu dengan Pak Anang dan kawan-kawannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serelanya kasih ke beliau, dan kebetulan aku mikir kan ada blog sama medsos, jadi bantu promosikan si bapak dan rekan2nya, kalau tersedia jasa foto serelanya di Kota Lama.

      Hapus
  14. Beneran cakeepp banget hasil jepretan Pak Anang.
    Karena Kota Lama Semarang tuh biasanya rameee banget. Kalo gak tau spot fot yang tepat, ya dapetnya boncos, keliatan banyak orang berlalu lalang atau flat aja gituh.. kayak foto-foto ku.. huhuhu, cuma selpi doank.. means, bukan nunjukin Kota Lama-nya, tapi malah wajah bunderkuh..
    Omaaii...

    Butuh banget sih kalo ada yang bantuin jasa foto begini.
    Mungkin enaknya beres kuliner yaa.. Hehehe, secara banyak banget culinary legend di Kota Lama yang mau didatengin kan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beres kuliner berarti siang ya, si bapak ini hanya ada sampai jam 12. Tentunya ada kok rekan2nya pak Anang yang juga menawarkan jasa serupa. Wkt itu saya keluarnya pagi2 pas baru sarapan, jadi ketemu sama bapak ii deh.

      Hapus
  15. Syukur ya ada Pak Anang. Gak rugilah ambil jasa foto beliau karena hasilnya juga memuaskan daripada take foto asal-asalan. Kalau ada kesempatan jalan2 ke Kota Tua Semarang pasti juga bakal mau pake jasa beliau buat mengabadikan momen selama di sana

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.