Blog berisi curhatan si lajang

Kamis, 26 September 2024

MENCARI OLEH-OLEH DI MEDAN


Medan punya banyak tempat yang menyediakan oleh-oleh, tapi karena saya demennya yang manis-manis jadi kepikirannya ya Bolu Meranti. Tapi sebenarnya malas banget ke tempat bolu Meranti ini, maunya beli lewat ojol sajalah. Karena jumlah pembeliannya melebihi ketentuan minimal pemesanan sehingga ditolak pas mau pesan lewat ojol   Kemungkinan juga buat melindungi para driver dari order fiktif; karena mereka nombokin dulu dengan uang mereka. Terpaksa deh, saya putuskan untuk ke sini dan beli langsung. Pikir-pikir, lumayan juga agar langsung dikemas sama mereka, kan nanti bakal disimpan di bagasi pesawat. 


Kenapa saya malas ke sini? Biasalah, saya khawatir tempatnya tidak ramah buat manula. Dan benar saja dong, pas baru saja mau masuk, saya langsung mules. Ada beberapa anak tangga dan yang tinggi pula. Dan di dalam sih ada kedai kopi tapiii, tempat duduknya juga tidak nyaman dan terbatas. Untung saja petugas security mau mengusahakan kursi untuk mama saya. 


Lalu cara pemesanannya bagaimana? Apakah kue-kuenya terpajang di etalase? Tidak, kue-kuenya tidak terlihat. Tapi proses pemesanan tetap berjalan lancar dan terhitung cepat. Begini prosesnya:


1. ORDER

Pembeli langsung ke counter paling pertama untuk order. Pertama diberikan daftar mereka menjual varian apa saja dan yang mana yang masih tersedia. Begitu kita sudah memutuskan mau pesan yang mana saja dan kuantitasnya, akan diberikan nota order. 

Karena ini proses yang pertama, bisa berebutan di sini untuk order duluan. Padahal, melihat daftar yang tersedia yang mana dan maunya yang mana kan perlu dihayati dulu beberapa menit. 



2. CASHIER

Sudah memutuskan untuk membeli yang mana? Langsung bawa nota order dan proses pembayaran di sini. Tenang, pilihan pembayarannya ada banyak.



3. PACKAGING

Ke counter terakhir dengan membawa bukti pembayaran. Nanti mereka akan confirm dulu dengan kita, apakah betul sudah sesuai dengan pesanan? Jika sudah, maka langsung dibungkus sama mereka. Kebetulan muat satu kardus mereka, jadi langsung diberikan label untuk tidak dibanting, karena isinya makanan. 


Hilande Koffie

TEMPATNYA NOT ELDERLY FRIENDLY

Seperti yang sudah saya ceritakan, di sini tempatnya kurang ramah pada lansia. UNTUNGNYA, petugas keamanan sampai baristanya sangat ramah dan membantu banget. Eh, wait...BARISTA? Iya, di dalam tempat penjualan Bolu Meranti ternyata ada kedai HILANDE KOFFIE




Mereka berkenan meminjamkan tempat duduk plastik buat mama saya. Bukannya di sini tidak ada tempat duduk, tapi untuk duduknya pun ternyata ribet buat manula. Jadi, sebagai rasa terima kasih (dan buat ngonten juga sih) saya pun pesan kopi sama mereka. Eh dapat mini croissant yang menggemaskan. 



TEMPAT OLEH-OLEH LAINNYA

Bagi yang ingin mencari oleh-oleh lainnya, tidak usah khawatir. Di sepanjang jalan ini ada beberapa toko oleh-oleh dan salah satunya adalah Lapis Durian Medan ini. 


Kemasannya tidak terlalu besar tapi ada beberapa varian. Tokonya kecil, tidak ada tempat duduk, dan memang untuk melayani takeaway saja dari para pembeli. 

Ini hanya salah satunya ya, ada beberapa toko lagi yang bisa kalian kunjungi jika sedang berburu oleh-oleh di Medan. Kalian bisa cek dari peta yang terlampir di postingan ini ya. 





14 komentar:

  1. Saya pernah dapat oleh-oleh bolu Meranti dari temanku yang mudik ke Medan. Aku pikir bolu Meranti tuh seperti apa. Nggak tahunya kayak roti gulung gitu ya. Cuma emang Meranti tuh semacam brand gitu kali ya.

    BalasHapus
  2. Penasaran euy belum pernah makan bolu Meranti. Seenak apakah?? Legend banget ya.

    Kalau lapis durian hmmm basically saya belum bisa makan durian kecuali kalo dibikin eskrim atau kue jadi penasaran juga wkwk.

    BalasHapus
  3. Eh aku sampe skr g pernah masuk ke Bolu Meranti 😅😅. Baru tau tempatnya begitu.👍. Lapis durian juga belum cobaaa mba 🤤. Kayaknya ini bakal aku datangin kalo ke Medan lagi. Bicara Medan, kangen ih. Udah 2 tahun ga kesana 😔

    BalasHapus
  4. Aku pernah cobain bolu meranti karenda dibawain oleh2...pas ke medan dl aku malah belinya yg roti artis irwansyah itu mbaa..apa yaa namanya lupaa heheh...waktu itu lagi hits2nya roti artisss ampe antri deh pas aku beli itu..kira2 sampe sekarang msh eksis juga gak yaakk

    BalasHapus
  5. kalau aku ke Medan atau ada temen yang dari Medan oleh oleh yang paling lazim dibawa adalah bolu Meranti dan Bika Ambon, sebenarnya banyak oleh oleh lain yang menarik dan enak enak tapi karena sudah jadi top minded, paling gampang ya bawa ini aja

    BalasHapus
  6. bolu meranti ini udah jadi oleh-oleh wajib kalau ke Medan, sering denger atau baca namanya tapi belum pernah cobain haahaha, semoga kapan-kapan bisa cobain beli langsung di tokonya
    sayang banget areanya kurang friendly buat lansia, untung karyawannya juga sigap bantuin
    proses buat pesen termasuk cukup lama ya mbak, kirain tadi kayak toko oleh oleh biasanya, variannya dipajang di rak gitu, terus konsumen bisa bebas pilih yang dimau, tinggal ambil masukin keranjang terus dibawa ke kasir, dipacking,ternyata di bolu meranti ga begini ya

    BalasHapus
  7. Beberapa kali sempat nyobain makan bolu Meranti pas rekan kerja yang habis nugas ke Medan bawa oleh-oleh. Rasanya memang enak ya, bolu yang bikin aku ketagihan sih.

    Baru tau kalau tempat beli Bolu Meranti terlihat sangat luas walaupun kurang raah lansia. Untunglah staf di sana pada ramah dan membantu.

    Kalau yang lapis duren, belum coba sma sekali. Jadi penasaran sama rasanya kayak gimana.

    BalasHapus
  8. Bolu Meranti ini sejak lama memang selalu jadi oleh oleh ikonik dari Medan ya
    Teman kantor klo habis dinas ke Medan, oleh olehnya selalu bolu ini
    Enak emang rasanya

    BalasHapus
  9. Sekarang bolu meranti memang menjadi oleh-oleh wajib dari Medan karena sudah tersohor namanya. Selain itu Bika Ambon juga jadi oleh-oleh yang dinanti-nanti kalau mau pulang dari Medan. Selalu sama barista yang memperhatikan kenyamanan orang tua dengan memberikan kursi karena kasih yang kalau berdiri lama

    BalasHapus
  10. Sekarang bolu meranti memang menjadi oleh-oleh wajib dari Medan karena sudah tersohor namanya. Selain itu Bika Ambon juga jadi oleh-oleh yang dinanti-nanti kalau mau pulang dari Medan. Selalu sama barista yang memperhatikan kenyamanan orang tua dengan memberikan kursi karena kasih yang kalau berdiri lama

    BalasHapus
  11. Bolu Meranti aku suka banget kalau ngga bika ambon, mbak, nah lapis durian ini belum pernah cobain hmm kayaknya enak juga ya

    BalasHapus
  12. Aduh kak, jadi kangen banget pulkam ke Medan. Terakhir ke sana 2018 deh. Favoritku bika ambon sih teteepp, enak banget itu tapi Meranti juga endeus. Semua oleh-oleh dari Medan nggak ada yang nggak enak. Wkwk..

    BalasHapus
  13. Kok jadi inget Bolu Meranti bisa dipesan di Jawa juga ga yaa..?
    Asa pernah liat..

    Suka aga kecewa sama pelayanan yang gak ramah untuk lansia yaa..
    Mungkin uda terlanjur viral dan sibuk sekali melayani pembeli yang gak berenti-berenti.
    Kadang akutu suka mengamati, toko yang ramai begini, apa yang menjadi magnet yaa..??
    hehehe.. business is a unique selling point.

    BalasHapus
  14. Sayangnya di Bekasi dan sekitarnya ndak ada ya mbak. Padahal liat bolunya mantep benerrrr.. dan aku belum pernah coba, perkara daku gada sanak famili sama sekali di Medan.
    Moga aja nanti ada franchise-nya disini ya, biar aku bisa coba. Lagipula tempatnya bagussss kok.. meski ya kurang elderly friendly

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.