Blog berisi curhatan si lajang

Kamis, 12 September 2024

KULINERAN DI MEDAN

Wah, maaf ya ceritanya lompat sana sini, beginilah kalau hobinya makan dan jalan lalu foto tapi mau mengetik cerita perjalanannya kok ya mager. Padahal perjalanan ke Medan ini sudah berlalu hampir setengah tahun. Jadi saya mencoba mengingat-ingat yang masih ada dokumen tercatatnya serta foto-foto.

Selama di Medan saya tinggal di rumah keluarga mama yang sebenarnya sih lokasinya itu amat sangat di tengah kota. Yang memungkinkan saya untuk dekat kemana-mana dengan ngojek. Yang jadi masalah adalah alamatnya tidak tertera di Google Maps. Sementara kalau mau pesan barang via olshop atau makanan harus: TITIKNYA SUDAH SESUAI YA BU. Nah, ini boro-boro titik, alamatnya saja tidak ada di Google Maps. 

Kalau hanya untuk mau memanggil taksi atau ojol, saya hanya perlu menggunakan toko atau kedai sekitar sebagai TITIK JEMPUT. Yang ribet kalau mau pesan makanan. Jadi saya pun menambahkan keterangan; walau awalnya rada pesimis, ini bakal dibaca atau tidak ya?

TAPI, 3 minggu di Medan mematahkan kesangsian saya karena driver ojek di Medan (setidaknya yang layanannya saya gunakan) ternyata rajin membaca keterangan yang ditambahkan. Kebanyakan tidak pernah nyasar, dan kalaupun awalnya  mereka sampai nyasar, selalu ketemu. Saya bahkan pernah memperhatikan dari jauh, seorang bapak driver sampai berhenti dulu dan membaca berulang petunjuk tambahan untuk pengantaran barang ke alamat saya di Medan. Dan selama itu pula, tidak pernah ada yang sampai chat apalagi menelpon dan bilang: saya sudah sampai, ibu di mana? Jadi, saya beneran salut sama driver ojol di Medan deh





Saya pesan apa saja sih selama di Medan? Macem-macem, pas pertama kali sampai saja saya sudah pesen bahan makanan lewat ojol. Lalu meningkat pesen kue seperti bolu Meranti dan makanan dari restoran yang menyediakan makanan non halal. 

Saat di sana, saya baru tahu kalau tidak bisa memesan bolu Meranti dalam jumlah besar. Ada batasannya sebesar IDR 250K- 300K. Padahal alasan kita memesan lewat ojol ya pastinya karena malas pergi ke tempatnya. Tapi kalau dipikir-pikir, pembatasan ini ada bagusnya bagi driver ojol. Kebayang gak sih kalau pemesanan dalam jumlah banyak yang harus ditanggung oleh si driver dan ternyata berujung prank alias order fiktif. Okay, saya jadi kemana-mana nih.

Ada beberapa pesanan yang kebetulan masih tercatat oleh saya. Jujur sih, jarang ada yang gagal pesenannya selama saya di sana. 

TIPS: Kalau lagi di Medan, pesen deh bihun atau beli bihun yang siap masak alias masih mentah. Hanya saja, kalau masih mentah bakal bikin penuh bagasi, hahahah... 





MIE AYAM KUMANGO

Termasuk yang direkomendasikan sama teman saya, dan karena penasaran ya sudah langsung pesan saja deh. 



Rasanya? Buat saya bumbunya kurang nendang sih, tapi overal ok lah untuk dicoba, karena termasuk yang legend di Medan; sudah ada loh sejak tahun 1958.  Di sini andalannya mie ayam, tapi saya maunya bihun. Bihunnya lembut banget, dan ini memang typical tekstur bihun di Medan. Setahu saya bakmi Kumango tidak menjual makanan yang mengandung babi. Kalian bisa cek di video ini deh. 


Bakmi AON


MIE PANGSIT AON

Salah satu bakmi legend di Pematang Siantar yang konon sudah ada sejak tahun 1967. Saya bisa membayangkan sih, betapa sukanya orang-orang yang sudah tahu sejak lama. Kita kan selalu punya bakmi kesayangan yang sudah dinikmati sejak kecil. Sampai bisa dipesan secara online juga loh, dikirim ke Jakarta. Bakminya sendiri saya pesan via ojol saat berada di Medan. Jadi saya pesan bakmi dan pangsit terpisah tapi setengah porsi saja.  Kuahnya juga disediakan terpisah. 




Kalau yang ini adalah makanan yang mengandung babi dan untuk informasi lebih mengenai bakmi yang satu ini, bisa cek di sini ya. 





ACUAN PEK CAM KEE
Kalau restoran yang ini, saya kurang tahu sudah berdiri sejak tahun berapa. Tapi termasuk yang terkenal juga di Medan. Yang jadi andalan di sini adalah  bubur ayam, ayam rebus atau pek cam kee dan leng poa (semacam makanan pembuka tapi dingin) . Karena lagi kepingin bihun bebek, jadi itulah yang saya pesan lewat ojol.


SARAPAN DI MEDAN
Nah, yang ini saya tidak tahu deh dibelikan di sebelah mana oleh kerabat di Medan. Yang biasanya dibelikan untuk sarapan pagi adalah yang berikut ini:




Lontong Sayur
Karena mama saya tidak kuat pedas, makanya kami minta tanpa sambal. Jadi kuahnya terlihat bening, walau kata mama saya sih teteup pedes juga walau tidak terlalu kuat. Masih bisa dia makan lah, apalagi lontongnya lembut. Ini harganya hanya sekitar IDR 15K - 18K saja. 

Selain bihun, lontong di Medan juga berkesan karena lembut euy. Pantesan termasuk kuliner yang dikangenin sama mama saya (selain babi). 



Bihun babi
Pagi-pagi makan bihum babi, ya pantesan saja berat badan saya naik begitu kelar liburan. Untuk harga IDR 18K - 20K dengan porsi sebanyak ini, buat saya ok banget. Pedas, gurihnya dapat.
Mengapa bihun Medan spesial? Karena selain teksturnya lembut juga tidak mudah patah. Mau dinikmati dengan kuah ataupun digoreng, sama-sama enaknya. 





21 komentar:

  1. Pas dulu berteman sama orang Medan, oleh-oleh yang paling kuidamkan adalah bolu meranti sih emang. Enak banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. TBH sebenarnya biasa aja kok (biasa aja tp di sana kerjaannya beli bolu Meranti terus)

      Hapus
  2. Baca bagian terakhir senyum2 sendiri. Kalau habis liburan emang gitu ya Mbak, gak kerasa timbangan naik.

    Ternyata bihun Medan beda dengan bihun di Jawa. Trus saya jadi penasaran ama bolu Meranti, seperti apa ya sampai jadi legenda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kl duluuu banget alasannya: enak dan murah. Di Jakarta ukuran kecil tp hrg 50Rb. Sementara bolu itu panjang dan isiannya banyak hanya 30rb. Gimana gak pd berlomba2 beli dah.

      Hapus
  3. Baca paragraf pertama langsung kerasa bercermin wkwkw. Sudah di rumah mau setahun tapi tulisan jalan-jalan keluar daerah masih membatu di hp untuk di tulis. Apalagi tentang makanan, kayanya perlu effort kangen masakan itu dulu baru bergerak mau nulis hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, makanya aku memaksakan diri ikutan BW biar ngebut bikin postingan tentang jalan2 ke Medan ini, ya ampun masa iya sampai 6 bln gak kelar2 jg. Sedih sayah.

      Hapus
  4. Kulihat kuliner Medan kurang lebih kuliner yang ada di Pontianak. Sangat beragam dan semuanya nikmat, sehari dua hari ngga bakalan habis. kudu semingguan baru kelar kali nyobain semua. duh jadi laper aku baca ceritamya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, ayo bikin lagi twit godain kamu sama foto2 makanan di Pontianak yg gak ada habis2nya utk bahan postingan karena buanyak ya :) Biar sama2 ngiler dan laper pas ngeliat postingan masing2

      Hapus
  5. Woww yummy sekali. Cuma meranti yg udah pernah nyoba karena dikasih oleh² hehe. Wah itu mi pangsit Aon unik banget dikemasnya di daun pisang? Jarang² ada yg masih pake kemasan daun pisang.

    Thanks sharingnya kak banyak kuliner legend ya di sana, semoga kapan² aku ada rejeki bisa ke Medan. Horas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. AMIN, semoga kesampaian ya, biar bisa melihat sendiri bagaimana kota Medan dan aneka kuliner yang bakal bikin berat badan naik

      Hapus
  6. Kuliner Medan mah jrg ada yg failed. Kategorinya itu enak, dan enak bangettttt 🤣🤣.

    Lontong Medan Ama nasi gurih, yg aku ga akan pernah skip sih mba. Apalagi kalo pedes, pake serundeng kelapanya itu 🤤🤤

    Kumango aku pernah makan. Tp lupa rasanya 🤣. Udh lama bangettt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, sebaiknya kita olahraga sama diet dulu ya sebelum jalan2 ke Medan karena bisa dipastikan berat badan akan naik dengan mulus akibat kebanyakan kulineran.

      Hapus
  7. Sering terjadi banget nih mba, jalannya kapan mau nuntasin tulisannya entah kapannn 😆. Seneng banget pas baca kalau driver di Medan sangat membudayakan baca catatan si pembeli. Inj beneran bikin salut dan pengen kasih dua jempol. Sebenernya menguntungan mereka juga ya, jadi menghindari kemungkinan nyasar dan bisa sampe lebih tepat waktu.

    Bolu Meranti ini emang oleh-oleh khas sana ya, wajib bawa pulang kalau habis dari Medan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jujurly driver di Jakarta kalah loh sama yang di Medan ini. Mereka gak pernah telp customer bertanya ini posisinya di mana. Bahkan ada yg alamatnya saya salah titik, tapi mereka baca keterangannya, dan sampai2 aja. Salut sama kemauan mereka utk membaca keterangan yg dicantumkan oleh pelanggan.

      Hapus
  8. kuliner Medan banyak banget, yang pertama bikin penasaran pastinya bolu meranti, namanya udah tersiar kemana-mana, kalau temen bahas Sumut, pasti ga lupa dengan bolu meranti ini.
    pengennya bisa beli sendiri dengan datang ke Medan :D
    ternyata di medan pilihan makanannya juga banyak varian mie ya mbak, mie ayam, mie pangsit, serba mie pokoknya, toppingnya juga ga pelit, banyakk

    BalasHapus
  9. Asyik banget emang kalau plesiran bisa jajan macam-macam yang nggak kita temukan di rumah, apalagi kalau lejen dan khas daerah tersebut auto berasa spesial gitu kayak "nggak rugi nih udah jauh-jauh bisa cobain juga"

    BalasHapus
  10. Oleh-oleh Medan yang aku suka dan sering pesan tuh bolu Meranti, enak dan lembut ya kuenya..kuliner Medan tuh aneka macam dan enak-enak yaa

    BalasHapus
  11. Aku setuju sih kalo orderan dibatasi nilainya. Karena kasus order fiktif itu bukan sekali dua kali terjadi, melainkan beberapa kali dan itu tuh kasian banget dari sisi drivernya. Parah memang.

    Btw mie pangsitnya bikin aku ngiler mbak. Dibungkus daun pisang gitu aku baru liat lhoo..
    Adakah versi halalnya?

    BalasHapus
  12. Orang Medan suka pedes yaa, ka Ria?
    Aku jadi aga takut juga.. cuma seneng banget kalo ketemu kuliner yang enaakk banget, kaya bihun yang lembut. Sayurannya pun mantep! Lontong sayur tuh inceran sarapan kenyang yang bikin puas.

    BalasHapus
  13. Medan itu surga kuliner. Kulinernya pun beragam karena perpaduan banyak budaya. Masakannya juara karena paduan cita rasa dan rempah disana pada berani. Apalagi kalau pakai Andaliman. Ledakan rasa bakal meramaikan lidah Kita.

    BalasHapus
  14. Menggoda sekali semua makanannya Kakak, mau semua lah pas banget pagi-pagi begini lihatnya dna belums arapan hehhe, btw saya paling sering makan bolu merantinya memang tiada duanya rasanya, dan kebetulan saya ada teman dari sana, dulu sering dia kirim ke jakarta, rasanya memang enak sekali

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.