Blog berisi curhatan si lajang

Senin, 23 September 2024

Platform Marketing AI Pertama di Indonesia, KOL.ID Siap Dukung Perkembangan Profesi KOL di Indonesia


Founder & Co-Founder KOL.ID di Jakarta


Jakarta - Profesi Key Opinion Leaders atau akrab disebut KOL saat ini sudah tak bisa dibendung lagi perkembangannya. Bagaimana tidak, sekarang KOL sudah menjadi salah satu bagian penting dari strategi pemasaran digital di seluruh dunia. 


Sejalan dengan profesi KOL yang semakin menjamur, berbagai platform untuk mendukung profesi KOL juga ikut bertumbuh. Salah satu platform yang berada di garis terdepan dan menarik perhatian publik dalam hal ini ialah KOL.ID.


Daftar pembahasan:

Platform Marketing Berbasis AI

Tawarkan Kemudahan untuk KOL

Semua Orang Bisa Jadi KOL Bersama KOL.ID

Pertumbuhan KOL Sebagai Profesi yang Menjanjikan






Platform Marketing Berbasis AI


Tak sama seperti platform digital marketing lainnya, KOL.ID hadir dengan membawa angin segar di dunia digital marketing. Hal ini karena KOL.ID merupakan platform marketing pertama di Indonesia yang hadir dengan teknologi AI. Bukan tanpa alasan, kehadiran teknologi AI dalam platform ini ditujukan untuk mempermudah dan mendukung perkembangan profesi KOL di Indonesia.




Tak sembarangan, sebelum diluncurkan platform marketing yang satu ini juga sudah melalui tahap uji coba berkali-kali. Tujuannya, tentu saja untuk memastikan KOL.ID sudah benar-benar bisa digunakan dan bermanfaat bagi para KOL. Setelah perjalanan panjang, KOL.ID akhirnya resmi diperkenalkan ke hadapan publik pada bulan Juni lalu. 



Tawarkan Kemudahan untuk KOL


Dalam rangka mendukung perkembangan KOL di Indonesia, KOL.ID menawarkan berbagai kemudahan yang bisa dinikmati. Salah satu yang paling menonjol adalah kemudahan yang ditawarkan dalam hal buat rate card . Bersama platform marketing yang canggih ini, KOL tidak perlu pusing-pusing lagi karena harus membuat rate card secara manual. Hal ini karena KOL.ID menawarkan jasa pembuatan rate card secara otomatis dengan bantuan teknologi AI.


Tak perlu khawatir dengan kebenaran rate card yang dibuat karena dalam prosesnya KOL.ID menggunakan data real time dari berbagai platform media sosial, seperti Instagram, TikTok, dan juga Youtube. Data real time ini memastikan segala sesuatu yang ada di dalam rate card sudah 99,9% akurat dan sesuai dengan kondisi di lapangan.


"Teknologi KOL.ID menawarkan solusi revolusioner untuk membuat rate card bagi Key Opinion Leaders. Platform kami mengintegrasikan data real time dari platform media sosial populer seperti TikTok, Instagram, dan YouTube. Hal ini menghilangkan bias dalam memasukkan metrik media sosial secara manual. Selain itu, para influencer dapat dengan mudah berbagi rate card terbaru mereka kepada brand dan klien yang tertarik", jelas Chief Marketing Officer KOL.ID, Fivyola Hendra, pada acara perilisan KOL.ID (05/06/2024).



Semua Orang Bisa Jadi KOL Bersama KOL.ID


Research jumlah KOL di dunia, Data KOL.ID





Tak hanya hadir untuk membantu KOL dalam masalah teknis seperti membuat rate card, KOL.ID juga hadir untuk membantu siapa saja yang berminat terjun ke profesi ini. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya program pelatihan atau kelas untuk menjadi KOL sukses. Bukan sekedar pelatihan biasa, pada kelas ini peserta akan dilatih langsung oleh KOL atau content creator ternama. 


Hadirnya kelas menjadi KOL, membuktikan komitmen KOL.ID untuk mendukung perkembangan profesi KOL di Indonesia. Melalui kelas ini diharapkan akan semakin banyak bibit-bibit KOL sukses yang nantinya berhasil memberikan dampak signifikan untuk perkembangan digital marketing baik di dalam atau luar negeri sekalipun.



Pertumbuhan KOL sebagai Profesi yang Menjanjikan


Kehadiran platform KOL.ID juga menjadi salah satu pertanda bahwa saat ini KOL sudah bertransformasi menjadi salah satu jenis profesi yang menjanjikan. Bukan omong kosong belaka, ini dibuktikan dari data yang menunjukan bahwa saat ini di Indonesia terdapat kurang lebih 1,1 juta KOL. Angka yang sudah sangat besar tersebut diyakini akan semakin membesar, seiring dengan proses digitalisasi yang tak ada habisnya.


Peningkatan profesi KOL ini juga tak hanya terjadi di Indonesia, di negara maju lainnya KOL juga memegang perananan penting dalam strategi pemasaran digital. Hal ini menunjukan bahwa masa depan KOL tidak terbatas di dalam negeri saja. Oleh karena itu, penting sekali bagi para KOL untuk terus mengembangkan potensi diri dan mencari platform yang bisa memaksimalkan pekerjaan seperti KOL.ID. 


9 komentar:

  1. Menurutku paling rumit buat KOL yang baru atau pemula adalah bagaimana menentukan rate card-nya. Kadang khawatir terlalu mahal bikin nggak ada brand yang mau. Atau terlalu murah.. bikin kita jadi nggak untung. Jadi, kalau ada semacam Kol.id yang bisa bantu bikin rate card yang valid sesuai data lapangan kan asyik.

    BalasHapus
  2. Mantap nih webnya ada fasilitas buatkan ratecard. Soalnya kalau KOL pemula kadang bingung netapin berapa ya buat ratecard? Takut kemahalan atau malah kemurahan.

    BalasHapus
  3. Banyak KOL suka pusing kalau soal rate card. Pakai KOLID ini bisa banget dibantu ya. Bukan hanya itu tapi progres sebagai KOL juga bisa berlanjut lebih baik dengan asistensi mereka ini

    BalasHapus
  4. Aku baru tau ada platform Kol.Id ini, ntar aku mau kepoin di websitenya dan penasaran pengen gabung :D
    kalau ada platform kayak gini bener-bener memudahkan para KOL ya, bikin rate card udah dibantu sama AI, terus jadi penghubung juga dengan brand

    bener kata mas arief, banyak KOL suka pusing kalau ditanya soal rate card, kebetulan aku juga menaungi kol kalau di kantor

    BalasHapus
  5. JD ini rate card dibuat oleh sistem AI di kol.id based on segala macam medsos yg si A punya ya mba? Beda ga sih kol ini Ama influencer di IG gitu ?

    Kalo dibikin 1 wadah begini, enak juga sih. JD lebih mempermudah para KOL yg ada ya

    BalasHapus
  6. KOL kirain ada di Indonesia doang. Ternyata memang trend dunia digital marketing toh. Bagus nih platform Kol.id bisa bantu soal rate card. Umumnya influencer terutama yang baru-baeu nih yg akan kebingungan menentukan rate card.

    BalasHapus
  7. wah keren niy bagi KOL pemula yag sering bingung menentukan ratecard, ternyata platform ini ada fasilitas buat bantuin KOL buat ratecard ya, pastinya ini berdasarkan data dan performa yang relevan

    BalasHapus
  8. Menarik banget nih, pasti akan sangat ngebantu banget para KOL yang sedang mendalami dunia endorsment.

    Jadi makin memudahkan dan kasih data lebih relevan juga. Sehingga reporting dan rate card makin sesuai dengan kebutuhan para brand.

    BalasHapus
  9. Bersama KOL.ID berharap semakin banyak konten kreator yang terhubung dengan klien untuk bisa mengembangkan bisnisnya dan menjangkau lebih luas.
    Seneng kalo dunia digital bisa saling bersinergi.

    BalasHapus

Thank you for reading and comments.
Comments will be screened first.

Ria's Been Here

Ria Tumimomor’s Travel Map

Ria Tumimomor has been to: France, Germany, Indonesia, Italy, Netherlands, Singapore, South Korea, Switzerland.
Get your own travel map from Matador Network.